Selamat Datang di Website Puskesmas Seririt I

Rabu, 28 November 2012

Program Kesehatan Jiwa


Masalah kesehatan jiwa memiliki ruang lingkup yang luas dan menimbulkan beban yang besar bagi masyarakat. Terdapat beragam gangguan kejiwaan yang sesungguhnya dialami oleh masyarakat, bukan hanya gangguan psikotik, namun terutama gangguan cemas, depresi dan gangguan jiwa yang tampil dalam bentuk berbagai keluhan fisik.

Untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan jiwa yang memadai agar tercapai pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, maka dikembangkan upaya pelananan kesehatan yang memanfaatkan fasilitas kesehatan yang sudah ada dan merupakan ujung tombak dari sistem pelayanan kesehatan, yaitu Puskesmas. Di Puskesmas Seririt I, pelayanan kesehatan jiwa telah dikembangkan sejak tahun 2010, bersama dengan tenaga ahli kesehatan jiwa dari Rumah Sakit Jiwa Bangli.

Integrasi pelayanan kesehatan jiwa di pelayanan kesehatan dasar adalah pelayanan kesehatan jiwa yang dilaksanakan oleh dokter umum, perawat, bidan atau tenaga kesehatan lainnya di Puskesmas secara terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dasar. Oleh karena itu, sembari dengan dilakukannya pemeriksaan fisik, juga dilakukan deteksi dini dan penanganan masalah kesehatan  jiwa. Selain pelayanan sehari-hari dalam pelayanan kesehatan dasar, di Puskesmas Seririt I juga dilakukan kunjungan dan pengobatan secara rutin setiap bulan oleh dokter ahli kejiwaan dari RS Jiwa Bangli. Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Seririt I juga melakukan penyuluhan khusus kesehatan jiwa dan kunjungan rumah untuk pasien dengan gangguan kesehatan jiwa.

Berkaitan dengan program ini, tenaga kesehatan yang terspesialisasi dalam bidang kesehatan  jiwa bertindak sebagai konsultan dan pembina. Rumah Sakit Jiwa (RSJ) kemudian menjadi tempat rujukan bagi pasien yang sulit ditangani di pelayanan kesehatan dasar.

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus