Selamat Datang di Website Puskesmas Seririt I

Rabu, 28 November 2012

Upaya Kesehatan Mata

Masalah penglihatan tidak hanya merupakan masalah kesehatan atau medis, namun juga merupakan masalah sosial. Di Indonesia, telah dicanangkan Right to Sight 2020, sesuai dengan program Vision 2020 yang diterapkan oleh World Health Organization (WHO). Hal ini kemudian diwujukdan melalui kebijakan Penanggulanangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan (PGPK) di provinsi dan kabupaten/kota dengan fokus pada penyebab utama kebutaan, yaitu katarak, kelainan refrkais, glaukoma dan xeropththalmia.


Upaya kesehatan indera penglihatan di Puskesmas Seririt I merupakan salah satu upaya kesehatan berdasarkan kebijakan Penanggulanangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan (PGPK) Provinsi Bali. Demi mencapai tujuan “Mata Sehat 2020”, maka PGPK memiliki misi untuk melakukan promosi kesehatan untuk memberdayakan masyarakat, menanggulangi gangguan penglihatan dan kebutaan secara dini, memfasilitasi pemerataan pelayanan kesehatan mata yang bermutu dan terjangkau, dan menggalang kemitraan dengan masyarakat dan pihak terkait.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Indera Penglihatan di tingkat Puskesmas adalah sebagai berikut:


  1. Promotif: penyuluhan kesehatan indera penglihatan
  2. Preventif: deteksi dini/skrining gangguan penglihatan (katarak, glaukoma, xerophthalmia, kelainan refraksi)
  3. Kuratif: pelyanan kesehatan mata dasar dan rujukan
Penjaringan kesehatan mata pada siswa SMA


1 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat. Susu kamving Kandungan vitamin A pada susu kambing etawa selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

    BalasHapus