Selamat Datang di Website Puskesmas Seririt I

Rabu, 28 November 2012

Program Penanggulangan TB


Tuberkulosis (TB) masih merupakan masalah utama kesehatan masyarakat Indonesia. Berdasarkan  hasil survei prevalensi TB di Indonesia pada tahun 2004, secara regional di Bali ditemukan angka insidensi TB sebesar 64 per 100.000 penduduk.

Program Nasional Penanggulanangan TB bertujuan menurunkan angka kesakitan dan angka kematian TB, memutuskan rantai penularan serta mencegah terjadinya multidrug resistant TB (MDR-TB). Melalui pelaksanaan program penanggulangan TB di tingkat pelayanan kesehatan dasar, termasuk di Puskesmas Seririt I, diharapkan dapat terwujud masyarakat yang mandiri dalam hidup sehat di mana tuberkulosis tidak lagi menjadi masalah kesehatan masyarakat. 
Oleh karena itu, dalam upaya penanggulangan TB, dijalankan misi sebagai berikut:

  • Menjamin bahwa setiap pasien TB mempunyai akses terhadap pelayanan yang bermutu untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian karena TB;
  •  Menurunkan risiko penularan TB; dan
  • Mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat TB.

Penanggulangan TB di Indonesia dilaksanakan sesuai dengan asas desentralisasi, sehingga penemuan kasus baru maupun pengobatan diupayakan di tingkat pelayanan kesehatan dasar. Salah satu sarana pelayanan kesehatan untuk program penanggulanan tuberkulosis di tingkat kecamatan berupa Puskesmas. Dalam pelaksanaan di Puskesmas, dibentuk Kelompok Puskesmas Pelaksana (KPP) yang terdiri dari Puskesmas Rujukan Mikroskopis (PRM) dengan dikelilingi oleh 3-5 Puskesmas Satelit (PS).

0 komentar:

Poskan Komentar