Selamat Datang di Website Puskesmas Seririt I

Kamis, 17 Januari 2013

ANC Terintegrasi

Demi Kesehatan Ibu Hamil yang Optimal


Antenatal Care (ANC) merupakan bagian yang wajib dilaksanakan oleh setiap Puskesmas melalui Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Jika sebelumnya pelayanan ini terfokus hanya pada pemeriksaan yang dilakukan oleh program KIA saja, kini ANC semakin diperluas melalui pemeriksaan lintas program yang terwujud dalam ANC terintegrasi.

“Jika dari pemeriksaan ditemukan adanya masalah, dilakukan pemeriksaan lintas program lebih lanjut sesuai dengan masalah yang ditemukan,” jelas bidan Nengah Murtiasih, pemegang program KIA di Puskesmas Seririt I. Ia pun menguraikan lebih lanjut bahwa seharusnya layanan ANC integrasi ini dilakukan secara rutin, jadi dilakukan untuk setiap ibu hamil yang datang untuk kontrol kehamilannya.

Dalam penerapannya, semua ibu hamil menjalani pemeriksaan yang berintegrasi dengan bagian laboratorium yang melakukan pemeriksaan hemoglobin (Hb), albumin dan protein urin. Selain itu, pemeriksaan lintas program lainnya dilakukan sesuai dengan keluhan atau hasil pemeriksaan yang ditemukan. Misalnya, jika seorang ibu hamil datang dengan gangguan pada giginya, maka dilakukan layanan terintegrasi dengan Program Kesehatan Gigi dan Mulut.

Salah satu komponen yang penting daripada layanan ANC terintegrasi adalah Prevention of Mother to Child Transmission (PMTCT), yaitu pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayinya. Hal ini pun telah diupayakan sejak tahun 2012 dengan melakukan pemeriksaan lintas program dengan Klinik IMS/VCT di Puskesmas Seririt I yang melayani pemeriksaan HIV bagi para ibu hamil. Dengan demikian, dapat dilakukan deteksi dini dan pengambilan langkah-langkah yang sesuai untuk mengupayakan pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi yang dikandungnya seaindainya ibu hamil tersebut ditemukan terinfeksi HIV.
Dengan layanan ANC integrasi yang semakin lengkap di Puskesmas Seririt I ini, diharapkan para ibu hamil dan buah hatinya akan mencapai kesehatan yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar