Selamat Datang di Website Puskesmas Seririt I

Kamis, 17 Januari 2013

Kelas Ibu Hamil

Kehamilan Lancar, Persalinan Aman


Pelayanan Antenatal Care (ANC) Puskesmas Seririt I kini semakin lengkap dengan diadakannya kelas ibu hamil. Kehamilan dan persalinan merupakan pengalaman yang unik bagi setiap perempuan yang mengalaminya. Banyak cara untuk mempersiapkan ibu hamil untuk menjalani proses yang cukup panjang ini; salah satunya adalah melalui kelas ibu hamil.

Kelas ibu hamil diadakan pertama kalinya di Puskesmas Seririt I pada tangal 21 Desember 2012. Kelas pertama ini diikuti oleh delapan ibu hamil dari berbagi daerah di wilayah kerja Puskesmas Seririt I, di antaranya adalah dari desa Kalianget, Patemon, Bubunan, Pengastulan dan Tangguwisia. Meskipun ditujukan bagi semua ibu hamil dari umur kehamilan 20 hingga 32 minggu, ibu-ibu yang berpartisipasi kali ini semuanya berada dalam trimester ketiga kehamilannya.

“Satu kelas terdiri dari tiga kali pertemuan,” jelas bidan Nengah Murtiasih, pemegang program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang sebelumnya telah menjalani pelatihan di Dinas Kesehatan terkait kelas ibu hamil ini. “Dalam kegiatannya, ada pretest, pembahasan materi, senam, dan posttest,” ia jelaskan lebih lanjut. Materi yang diberikan pun beragam, komprehensif, dan tentunya amat penting bagi ibu-ibu yang sedang mengalami kehamilan, terlebih jika merupakan kehamilan yang pertama. Selain memberikan pemahaman yang lebih dalam, materi dan diskusi yang dilakukan pun membantu memperjelas berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Beberapa materi yang diberikan antara lain mengenai perubahan tubuh selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan dan perawatan nifas, metode kontrasepsi pascapersalinan, dan lain-lain. Pada pertemuan pertama dan kedua kelas ibu hamil perdana ini, materi disampaikan oleh bidan Murtiasih sendiri, bersama bidan Made Mahyuni dan bidan Sophy Pramita.

Kelas baru bagi para ibu hamil dibuka setiap bulan dengan maksimal 10 orang peserta; diharapkan selanjutnya akan ada pula peserta dari desa Sulanyah dan Seririt. Melalui pengadaan kelas ibu hamil di Puskesmas Seririt I, diharapkan ke depannya para ibu hamil dalam lingkup Puskesmas ini akan memahami dengan baik berbagai hal penting terkait baik kehamilan maupun persalinan, agar keduanya dapat berjalan dengan lancar dan aman, dan buah hati pun terlahir dalam keadaan sehat.


2 komentar: